IPod : Meluncur 20 Tahun Lalu, Prototype-nya Sebesar MacBook

ipod classic

type-route – Tak terasa bulan Oktober 2021 ini menandai telah 20 tahun berlalu sejak peluncuran iPod Classic pertama buatan Apple. Sejak rilis terhadap 23 Oktober 2021, iPod dengan cepat jadi pemutar musik digital populer saat itu. Hal ini tak lepas berasal dari desain mungil nan ringkas agar memudahkan pengguna untuk mendengarkan iPod di manapun dan kapanpun, dan juga kekuatan untuk menyimpan ribuan lagu. Namun, prototipe perangkat iPod ternyata jauh berasal dari kesan kecil. Ukurannya justru demikian besar agar dapat di bandingkan dengan laptop.

Gambar prototipe iPod generasi pertama itu pertama kali terpublikasi oleh Panic, sebuah situs situs yang di dedikasikan untuk aplikasi pengembang dan game. Dalam laman resminya, Panic sertakan sebuah gambar perangkat berwarna kuning dengan ukuran memadai besar. Ukuran fisiknya paling tidak empat kali lebih besar seumpama di bandingkan dengan iPod generasi pertama.

Outlet media Entrepreneur memperkirakan prototipe iPod generasi memiliki ukuran sebesar MacBook saar ini, yaitu kira-kira 13 inci.

Dari gambar terhitung nampak prototipe iPod itu punyai sebuah layar kecil, bersama aksen roda klik, serta empat tombol hitam bersama info up, down, left, dan right. Di sisi atas perangkat terhitung nampak ada lubang colokan headphone untuk mendengarkan musik.

Ketika mereka membongkar, ternyata isi prototipe iPod itu relatif minimalis. Terlihat hanya ada beberapa kabel yang menghubungkan beberapa elemen di dalam iPod.

Di tidak benar satu komponen¬† terkandung stempel tanggal bertuliskan “2001.9.3”. Menurut Panic, stempel tanggal itu membuktikan bahwa prototipe ini rilis terhadap 3 September 2001, atau sebulan sebelum akan iPod generasi pertama rilis ke publik. Yang menarik juga, prototipe ini pakai selotip untuk merekatkan sebagian bagian kabel ke cangkang perangkat, agar kabel nampak tersusun rapi dan beraturan. Saat diperhatikan, prototipe iPod punyai banyak area kosong yang mubazir.

Lalu, kenapa ukurannya besar sekali? Pencipta iPod, Tony Fadell, menyatakan bahwa prototipe awal terciptanya iPod sebenarnya sengaja kelewat bongsor untuk merawat kerahasiaan, sehingga wujud iPod yang sebenarnya kelak tak bocor ke publik.

Konsep Desain

“Kami membuatnya (dengan benar-benar cepat) sebelum saat konsep desain akhirnya siap. Sengaja tak mirip iPod gara-gara alasan kerahasiaan,” ujar Fadell dalam sebuah kicauan di Twitter. Kemudian hadirlah perangkat iPod yang rilis pada Oktober 2001 silam, sebagaimana KompasTekno berasal dari blog Panic, Minggu (31/10/2021).

Sejak iPod Classic generasi pertama, Apple telah meluncurkan produk iPod lainnya dengan ukuran lebih ringkas dan fitur makin canggih, seperti iPod Nano, iPod Shuffle, hingga iPod Touch. Sayangnya, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, popularitas iPod sebagai pemutar musik suah tergantikan oleh ‘saudaranya’ iPhone yang pertama kali mulai memperkenalkan Apple pada 2007 lalu.

iPhone lantas lebih di sukai, dikarenakan mampu bekerja seperti smartphone sekaligus memutar musik dan video seperti iPod.  Kini, Apple tidak ulang mengembangkan iPod dan udah menarik product iPod Nano dan iPod Shuffle terhadap awal 2017. Sehingga, cuma satu tipe iPod yang tetap beredar di pasaran adalah iPod Touch.

Berikut kami rekomendasikan situs informasi lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *